7 Legenda Sepakbola Yang Layak Meraih Ballon d’Or, No 6 Paling Fenomenal

Posted on

Setiap tahun terdapat penghargaan individual yang diberikan kepada seorang pemain yang dianggap menunjukkan performa yang luar biasa dalam satu musim. Penghargaan yang disebut Ballon d’Or ini menjadi sebuah penghargaan yang sangat besar dalam dunia sepak bola. Kadang ada beberapa pemain yang sebenarnya pantas mendapat penghargaan ini, namun tidak pernah memperolehnya. Berikut 7 Pemain Legenda Yang Layak Mendapat Ballon d’Or :

1. Raul Gonzalez


Sebelum keberadaan Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang mengenakan nomor punggung tujuh di Real Madrid, terdapat nama Raul Gonzalez yang menyebabkan nomor punggung tersebut menjadi nomor punggung yang memiliki kenangan signifikan bagi Los Blancos.

Merupakan pemain asli kelahiran Madrid, Raul merupakan salah satu pemain yang pantas mendapatkan Ballon d’Or.

2. Alan Shearer

Alan Shearer pantas disebut sebagai salah satu penyerang terbaik sepanjang sejarah Premier League, walau hanya mampu mendapatkan satu gelar Premier League ketika ia membela Blackburn Rovers. Pemain asal Inggris ini mampu mencetak gol dari berbagai situasi, dan memiliki berbagai rekor yang ia raih sepanjang kariernya.

Namun kepiawaiannya dapat dilihat kala dirinya membawa Newcastle United melaju ke final FA Cup 1997/98, serta kala menjadi sosok krusial bagi The Magpies untuk menempati posisi runner up Premier League.

Dia juga dinobatkan sebagai top skorer Euro 1996 dengan torehan lima gol. Pencapaian itu pula yang membuat dirinya berada di posisi ketiga Nominasi Balon d’Or tahun 1996.

3. Eric Cantona

Manchester United yang memiliki Eric Cantona di dalam skuat mereka mampu menunjukkan gaya permainan yang khas dan meraih berbagai gelar. Keberadaan Cantona dalam skuat Setan Merah juga menjadi awal era keemasan mereka.

Walau terbilang pensiun dini, Cantona memberikan performa yang membuatnya masih terus dikenang pendukung United hingga saat ini. Bagiamana tidak, empat gelar Premier League dan dua gelar FA Cup mampu dipersembahkan pemain berjuluk The King of Manchester ini selama masa baktinya di Old Trafford.

4. Ryan Giggs


Sepanjang kariernya bersama Manchester United, Ryan Giggs pantas disebut sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah Setan Merah berkat konsistensi permainan yang membuatnya mampu bermain hingga berusia 40 tahun sebelum akhirnya pensiun.

Giggs mampu bermain pada posisi penyerang sayap dan gelandang tengah, sebuah kemampuan yang jarang dimiliki oleh pemain sepak bola.

Dia juga telah memberikan 13 gelar Premier League bagi United serta dua gelar Champions League selama karirnya di Old Trafford.

5. Paolo Maldini

Sulit bagi seorang pemain bertahan untuk meraih penghargaan Ballon d’Or, terutama dalam sepak bola modern. Hal ini disebabkan oleh peningkatan secara signifikan dalam kecepatan permainan yang diterapkan oleh berbagai tim.

Walau demikian, rasanya tidak adil mengingat nama Paolo Maldini tidak pernah mendapatkan penghargaan ini. Tujuh gelar Serie A telah direngkuhnya bersama AC Milan, ditambah dengan lima gelar European Cup/Champions League.

Mantan kapten Timnas Italiaini juga membawa negaranya melaju sebagai runner up Piala Dunia 1994, setelah sebelumnya menempati peringkat tiga tahun 1990. Dia juga menjadi finalis Euro 2000.

6. Alessandro Del Piero

Loyalitas yang ditunjukkan oleh Alessandro Del Piero sepanjang kariernya bersama Juventus tidak hanya dapat terjadi karena kegigihannya untuk terus berjuang di lapangan, tetapi juga kemampuannya untuk mencetak gol.

Pemain yang kini berusia 41 tahun tersebut mencetak 208 gol dari 513 laga bagi Juventus dan telah mengantarkan I Bianconnerri meraih berbagai gelar. Di antaranya enam gelar Serie A, satu Coppa Italia, dan satu gelar Champions League.

Di level Timnas Italia, dirinya juga menjadi ujung tombak Italia kala menjuarai Piala Dunia 2006. Sayangnya, psemua pencapaian tersebut tidak mampu membuatnya memenangkan gelar Balon d’Or.

7. Thierry Henry

Sama seperti sosok Eric Cantona di Manchester United, salah satu pesaing utama mereka di Premier League, Arsenal, juga memiliki beberapa pemain yang memberi berbagai kesuksesan kepada tim London Utara tersebut.

Salah satu pemain itu adalah Thierry Henry, yang sampai saat ini masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi The Gunners. Dia menorehkan 174 gol dari 254 laga bersama The Gunners, sebelum kemudian hijrah ke Barcelona dan New York Red Bulls.

Sepanjang karirnya, berbagai gelar telah dia persembahkan untuk timnya, di antaranya tiga gelar Premier League, tiga gelar FA Cup. dua gelar La Liga, satu Copa Del Rey, satu gelar Champions League (Barcelona) dan satu gelar Piala Super Eropa (Barcelona). Dia juga memegang peran krusial kala Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998.

Sumber : www.ftb90.com