Guru Lagi Ngajar Di Kelas, Lihatlah 2 Pelajar SMK ini Malah Asyik Selfi Sambil Merokok

Posted on

Kelakukan pelajar saat ini bikin geleng-geleng. Bukannya mengenyam pendidikan dengan baik, mereka malah sering kali mempertontonkan aksi yang bikin miris. Seperti foto yang tengah ramai beredar di media sosial. Lewat akun Instagramnya seorang siswa dengan akun Instagram ka****** mengunggah beberapa foto dengan rekannya tengah berada di kelas.

Saat itu tampak seorang guru yang mengenakan baju hitam sedang mengajar. Sejumlah siswa yang berada di belakang tampak sibuk berfoto. Parahnya tak sekadar berfoto dengan kamera, mereka beradegan sambil merokok. Kelakukan pelajar ini sempat jadi perhatian teman-temannya yang ada di depan. Si pengunggah dalam keterangannya menyebut hanya di sekolahnya yang bisa merokok di kelas.

Kelakukan pelajar SMK ini mengundang kecaman dari netizen yang tak simpatik melihat kelakukan mereka. “Mudah-mudahan saat dewasa nanti kamu tau artinya dan rasanya tidak dihormati itu seperti apa,” komentar salah satu akun. “Benar benar tidak memiliki tata Krama,” kata akun lainnya.Ā  (merdeka.com)

Kecaman untuk Pelajar yang Merokok di Kelas saat Guru Mengajar

Seorang pelajar bernama Kahfi mengunggah foto-fotonya sedang merokok di dalam kelas. Padahal saat itu ada guru yang sedang memberikan pelajaran di kelas. “SMK PGRI doang yang kalau ada gurunya boleh merokok,” tulis Kahfi dalam keterangan foto yang diunggahnya. Ada lebih dari 3 foto yang diunggah Kahfi di akun Instagramnya.

Foto pertama dia berdiri di belakang kelas sambil merokok, di bagian depan kelas ada seorang guru yang sedang mengajar. Foto lainnya, Kahfi tidak sendiri, dia bersama dengan dua orang temannya merokok bersama di belakang kelas. Sedangkan gurunya masih tetap memberikan pelajaran kepada murid-murid yang lain. Kahfi tidak terlihat takut merokok meski ada guru yang mengajar di dalam kelas. Dia juga menyebut lokasi sekolahnya yakni SMK PGRI 38 Jakarta.

Hallo.. @kahfi3925 Gimana rasanya merokok di dalam kelas??? Asik ya? Btw akunmu knp di gembok skrg, 5 menit yg lalu mami masih bisa ceki2 foto2 gaul mu loh plus photo profilmu yg lg sama cewe mušŸ˜Š itu cewemu apa gak komplain liat kelakuanmu???šŸ˜… (*jgn buka tutup dong ig nya, kan banyak yg mau knalan sm anak hits) . @rizall1105 juga mau ikut T E R C Y D U K ya? . Hebat ya kalian nak, umur segitu sudah pandai merokok, pandai pula.. dalam hal tidak menghormati guru, pandai dalam hal memposting kelakuan negatifmu ke sosial meda. Biar apa? Biar hits & kekinian sesuai hashtag caption postinganmu yaa??? . Selamat yaa sekarang kalian sudah viral! . SMK PGRI38 JAKARTA sudahkah memberi sanksi kepada murid-murid pandai ini??? . (Bantu klarifikasi yaa genks kalau ada info ttg anak ini) . #geram #hitsapanya #alay #terlaluterong #siswamerokokdikelas #mamirumpiinfo

A post shared by THE POWER OF WOMENšŸ’„ (@mami_rumpi) on

Foto Kahfi viral di media sosial dan mendapat kecaman dari netizen. Mereka mengkritik sikap Kahfi yang tidak sopanĀ  karena tidak menghormati guru dan merokok di lingkungan sekolah. Soal aturan laranganĀ  merokok di lingkungan sekolah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 Tahun 2015. Aturan ini dibuat oleh Kemendikbud untuk mencanangkan kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah.

Dalam pasal 5 disebutkan aturan bagi kepala sekolah, guru dan murid, yaitu:

1. Kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan pihak lain dilarang merokok, memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan rokok di lingkungan sekolah.

2. Kepala sekolah wajib menegur dan/atau memperingatkan dan/atau mengambil tindakan terhadap guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik apabila melakukan larangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)

3. Kepala sekolah dapat memberikan sanksi kepada guru, tenaga kependidikan, dan pihak lain yang terbukti melanggar ketentuan kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah.

4. Guru, tenaga kependidikan, dan/atau peserta didik dapat memberikan teguran atau melaporkan kepada kepala sekolah apabila terbukti ada yang merokok di lingkungan sekolah.

5.Ā  Dinas pendidikan setempat sesuai dengan kewenangannya memberikan teguran atau sanksi kepada kepala sekolah apabila terbukti melanggar ketentuan kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah berdasarkan laporan atau informasi dari guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan/atau pihak lain.

Sedangkan dalam Pasal 6 dijelaskan tentang larangan penjualan rokok atau permenĀ  berbentuk rokok atau benda lain yang dikonsumsi maupun yang tidak dikonsumsi yang menyerupai rokok atau tanda apapun dengan merek dagang, logo, atau warna yang bisa diasosiasikan dengan produk/industri rokok.

Pasal 7 ayat (3) dijelaskan bagi siswa yang kedapatan merokok di lingkungan sekolah maupun luar sekolah wajib mendapatkan pembinaan dari sekolah, sesuai dengan tata tertib yang berlaku. (kumparan.com)