Wahai Orangtua, Pikirkanlah 4 Hal Ini Sebelum Pamer Kesuksesan Anak

Posted on

Kerap kali sebagai orangtua, kita kadang tergoda untuk show off atau memamerkan keberhasilan anak kita entah itu dari sisi pendidikan, pekerjaan, bahkan hafalan. Apapun memang bisa jadi bahan pamer, sih. Padahal kita sendiri sebenarnya juga sadar bahwa hal tersebut lebih banyak mudharatnya daripada manfaat.

“Kalau anakku sih masuk universitas negeri, ya!”

“Anakku masuk kelas akselerasi, dong!”

“Deuh, anakku udah bisa melakukan banyak hal!”

Beberapa mudharat ketika kita hobi memamerkan anak misalnya:

1. Menimbulkan rasa iri dari orang yang mendengarnya meskipun itu hanya dalam hati

Ada banyak cara untuk menginspirasi orang lain yang tidak terkesan pamer. Orang lain justru akan muak jika kita selalu bercerita “kalau anakku … kalau anakku …” Kapan kita bertanya tentang anak orang lain kalau begitu? Bukankah dunia ini isinya tidak hanya kita saja? Seperti misalnya, daripada selalu bercerita anak kita rangking satu dan masuk sebagai siswa berprestasi akan lebih baik jika langsung buka les-lesan gratis bagi anak-anak sekitar rumah yang kurang beruntung. Yang kedua lebih terasa nyata dibandingkan yang pertama. Ibarat pohon, sikap yang pertama adalah pohon rimbun tak berbuah sedangkan yang kedua berbuah lebat. Mana yang lebih bermanfaat? Yang hanya sekadar untuk pamer-pameran semata atau yang bisa bermanfaat untuk sekitar?

2. Justru menjadi beban untuk diri kita sendiri

Tidak selamanya anak kita berada pada posisi puncak, ada kalanya mungkin di tengah atau di bawah. Tidak selamanya anak kita mendapatkan peringkat pertama, ada kalanya mendapat peringkat belasan atau bahkan tidak sama sekali. Wajar-wajar aja sih sebenarnya, namanya juga hidup, jatuh bangun kan biasa. Tapi hal tersebut akan menjadi tidak biasa bagi yang suka pamer karena ia akan terus berusaha mempertahankan posisi teratas entah dengan cara apa saja agar tidak jadi bahan olokan. Coba jika tidak biasa pamer, mungkin tidak akan setertekan itu.

*Lanjut baca di Halaman Berikutnya ya, klik dibawah ini :

Halaman Selanjutnya…